Welcome to Blog's Saka Wira Kartika Kabupaten Pekalongan */* Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Walfaidin Mohon Maaf Lahir & Batin

Kemah Kebangsaan 2010

Saturday, April 23, 2011

World Book Day


Peringatan World Book Day tahun ini Forum Indonesia Membaca (FIM) bekerja sama dengan komunitas Jirowes dan berbagai komunitas lainnya akan menerapkan konsep "Zero Waste" (minim sampah).

Sepanjang festival akan diterapkan pemilahan dan pengurangan sampah di area Museum Bank Mandiri oleh pengunjung, dan para relawan yang juga akan membantu pelaksanaan konsep Zero Waste ini sehingga diharapkan konsep ini juga dapat diterapkan di berbagai taman bacaan masyarakat (TBM) dan komunitas untuk dapat memengaruhi perubahan perilaku gaya hidup sehat di lingkungan sekitarnya.

"Kami mengajak beberapa sekolah di wilayah Museum Bank Mandiri untuk terlibat dalam kegiatan ini. Pemilahan dan pengurangan sampah adalah aplikasi dari membaca, itu baik dan kami harap dapat dibiasakan di lingkungan lainnya," kata Festival Director WBD 2011, Dessy Sekar Chamdi, Sabtu (23/4/2011) di Jakarta.

Untuk itu, Sekar menyarankan beberapa hal yang dilakukan untuk mengurangi sampah di World Book Day Indonesia 2011:

  1. Membawa botol minum atau tumbler. Karena panitia menyediakan air galon untuk isi ulang, gratis!
  2. Membawa kotak makan. Karena stan makanan tidak menyediakan wadah plastik atau styrofoam.
  3. Membawa tas besar atau tas lipat. Memudahkan Anda saat ingin berbelanja karena stan komunitas tidak menyediakan kantong kresek.

WBD dua tahun ini juga diramaikan oleh berbagai komunitas, seperti Forum Penulis Bacaan Anak, Komunitas Kelir, Yappika, FOSCA, Mbatik Yuks, Ibu Naning Pranoto, dan siswa SD Tambora 3 yang bertugas sebagai "polisi kebersihan". 

Sumber : www.kompas.com 

javascript:void(0)