Welcome to Blog's Saka Wira Kartika Kabupaten Pekalongan */* Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Walfaidin Mohon Maaf Lahir & Batin

Kemah Kebangsaan 2010

Friday, July 29, 2011

Jambore Dunia 2011: Suasana Pedesaan Eropa Menyambut Peserta


Seperti tradisi sebelumnya, Gerakan Pramuka kembali mengirimkan kontingen mengikuti Jambore Kepramukaan Sedunia ke-22. Acara akbar empat tahun sekali itu, kali ini diselenggarakan di Rinkaby, Kristianstad, Swedia, dari 27 Juli sampai 8 Agustus 2011. Gerakan Pramuka mengirim kontingen berkekuatan 192 Pramuka Penggalang dan Penegak yang berusia 14 sampai 17 tahun sebagai peserta, dan sejumlah Pembina Pramuka yang mendampingi kontingen maupun menjadi relawan pada kegiatan tersebut.

Kontingen Gerakan Pramuka telah dilepas secara resmi oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka di halaman tengah Istana Negara, 22 Juli lalu. Pada kesempatan itu, Kepala Negara mengharapkan agar kontingen selalu menjaga nama baik negara dan menimba ilmu maupun menambah persahabatan dengan para pramuka dari seluruh dunia.

Tak kurang dari 39.000 peserta dari seluruh dunia memenuhi kawasan Galltofta, sebuah desa kecil dari Rinkaby, yang merupakan kota terdekat. Suasana pedesaaan khas Eropa, dengan hanya sedikit rumah di tengah ladang gandum, jagung, dan kentang, menjadi pemandangan khas dalam perjalanan menuju arena Jambore Pramuka Sedunia ke-22. Hujan rintik dan terkadang menjadi cukup deras, juga menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi peserta dari negara beriklim tropis seperti Indonesia. Musim panas yang masih sejuk dengan suhu sekitar 21-22 derajat Celcius, menjadi lebih dingin saat hujan, dan suhu pun turun sekitar 16 derajat Celcius.

Walaupun demikian, para peserta termasuk kontingen Gerakan Pramuka tetap bersemangat mengikuti acara. Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Kak Azrul Azwar, beserta sejumlah Wakil Ketua, di antaranya Kak Eris Herryanto, Kak Kodrat Pramudho, dan Kak Irid Agoes, ikut hadir memberi dukungan kepada kontingen Gerakan Pramuka. Namun yang lebih membanggakan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, dan jajarannya juga menyempatkan diri mengunjungi kontingen Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka juga akan menyelenggarakan “Indonesian Day” pada 30 Juli mendatang, dan menurut rencana Menpora Andi Malaranggeng, akan ikut menyambut para undangan yang merupakan wakil-wakil dan tokoh pramuka dari seluruh dunia. (Berthold DH Sinaulan, Andalan Nasional Gerakan Pramuka)

Sumber : www.pramuka.or.id

javascript:void(0)